Perihal Seleksi Caleg Partai Hanura

Yuddy Chrisnandi
Yuddy Chrisnandi Ketua DPP Partai Hanura
 Saran serta kritik dari masyarakat sangat kami butuhkan guna mendapatkan sudut pandang lain tentang calon-calon yang mendaftar sebagai Caleg Partai Hanura. 

Maraknya pro kontra yang terjadi atas banyaknya berita di media massa soal sejumlah nama yang disebut-sebut mencalonkan diri menjadi Caleg dari Partai Hanura terus menggelinding di masyarakat. Untuk menjawab semua itu, kami merasa perlu memberitahu kepada public tentang landasan-landasan dari Partai Hanura terkait masalah pendaftaran Caleg dari Partai Hanura.

1. Hanura adalah partai professional, itu sebabnya kami menerima semua Warga Negara Indonesia yang ingin bergabung sebagai kader Partai Hanura

2. Jika ingin menjadi Caleg, kriteria kami jelas: Warga Negara Indonesia, memiliki hati nurani, siap berkomitmen untuk berjuang bersama rakyat dan tidak sedang punya masalah hukum atau politik yang menghalangi untuk berjuang

3. Dari semua Bacaleg yang mendaftar, kami akan melihat integritas dan kualitas para Bacaleg tersebut. Tidak hanya itu, kami juga terbuka dan siap menerima segala masukan dari masyarakat terkait calon tersebut. Baru setelah itu kami akan menentukkan apakah yang bersangkutan layak atau tidak untuk masuk dalam Daftar Calon Sementara Caleg Partai Hanura

4. Setelah seseorang dinyatakan menjadi Caleg, sistem pembagian dapil dan nomer urut pun jelas. Ada kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi jika ingin menjadi Caleg dengan nomor urut atas, seperti kualitas pengetahuan, visi dan misi jika duduk di kursi anggota legislatif, lama pengabdian Caleg tersebut di dalam partai, kemampuan Caleg-Caleg lain di daerah pemilihan tersebut, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

5. Setelah nomer urut telah ditentukan, berikutnya kami serahkan rakyat. Jika ada Caleg yang populer tetapi nomer urutnya di bawah karena kalah seleksi, dan ternyata rakyat memilih Caleg tersebut, maka sesuai Undang-Undang dia akan maju sebagai anggota legislatif dari Partai Hanura.

6. Jika setelah menjadi anggota legislatif performanya kami nilai tidak baik, maka kami akan melakukan rotasi dengan Caleg satu dapil pada pemilu yang telah berlangsung.

Secara keseluruhan, dari seorang Bacaleg untuk menjadi Caleg butuh perjuangan yang panjang. Itu sebabnya kami menghimbau masyarakat agar tidak mudah panik dengan semua berita yang beredar dan dapat dengan mudah diakses. Percayalah bahwa banyak kriteria yang kami terapkan dalam seleksi Caleg ini, demi menghasilkan Daftar Calon Tetap Caleg Partai Hanura yang memenuhi kualitas kita bersama.

Saran serta kritik dari masyarakat sangat kami butuhkan guna mendapatkan sudut pandang lain tentang calon-calon yang mendaftar sebagai Caleg Partai Hanura. Itu sebabnya kami berharap masyarakat tidak akan pernah berhenti menunjukkan rasa kepedulian terhadap Partai Hanura. Teruslah mendukung kami agar mampu bertahan memperjuangkan hati nurani kita, rakyat Indonesia.

Author: IT Center

Share This Post On

5 Comments

  1. Yth.pak Yuddy
    salam Hanura
    Perkenalkan saya Fadholi dari Bekasi ingin menyampaikan keluhan dan permalasahan antara saya dengan salah satu Kader hanura yg kini Caleg di salah satu Dapil di Indonesia.
    mohon waktu untuk bisa bertemu
    Tks

    Fadholi, 0812 8338 4045, fadholi_026@yahoo.com

    Post a Reply
  2. Yth Pak Yuddy Chrisnandi;
    Perkenalkan saya H. Santoso SE,SH saya selalu mengikuti dan memperhatikan percaturan pak Yuddy sejak dipartai yang lama cukup simpatik dan terlihat amanah. Semoga Pak Yudi sukses dan maju bersama Hanura. Saya ingin menyampaikan keluhan atas Caleg (Bacaleg) Hanura di Dapil Majalengka bernama Dede Rizka Nugraha, (Perum Griya Prima Pesona No.12 Blok B Kadipaten), mohon tolong diingatkan yg bersangkutan telah berulang-ulang mengingkari pembayaran hutang (lebih 2 th) atau lebih tepatnya berusaha menipu kami. Mohon Pak Yuddy bisa mengingatkan ybs jangan sampai masalahnya nanti mengganggu keberhasilan ybs menjadi caleg. Trimakasih atas bantuannya, salam buat pak Yuddy dan jajaran Pimpinan dan DPP Hanura.

    Post a Reply
  3. Yth bpk. Yudi chrisnandi saya Iwan Setiadi dari Sukabumi ingin mengkonfirmasi bahwa caleg DPRD HANURA dari DAPIL 3 kab. Sukabumi yang bernama PAPANG KURNIA no. urut 1 hingga skrg H-5 Pemilu belum melunasi hutangnya sebesar Rp. 3 juta untuk pembuatan sticker dan banner, sya sdh mencoba menagih berulang kali namun tidak ada respons smp skrg, mohon bantuannya pak agar citra HANURA sebagai partai yang mendengarkan hati nurani rakyat tidak tercoreng oleh berbagai kasus seperti ini, terima kasih

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>