Berita
9
Jul
2013

Hanura: Syarat Usung Capres 2014 Tirani Mayoritas

Jakarta - Ketua Fraksi Hanura Dewan Perwakilan Rakyat, Syarifudin Sudding, menilai aturan mengenai ambang batas pencalonan presiden oleh partai atau gabungan partai sebesar 20 persen tidak memberikan kesempatan partai kecil bertarung pada Pemilu Presiden 2014. "Ini tirani mayoritas. Bentuk dari arogansi partai politik besar," kata Sudding kepada Tempo, Selasa, 9 Juli 2014.

Menurut Suddin, syarat pencalonan presiden dan wakil presiden tak diatur oleh Undang-Undang Dasar 1945. Seharusnya, kata dia, peluang semua partai mencalonkan kandidat tidak dibatasi dengan aturan yang saat ini dinilai hanya berpihak kepada partai-partai besar. "Menurut saya ini penting diganti," kata Sudding.

Pada Pasal 9 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden, ada aturan mengenai syarat partai politik atau gabungan partai politik mengajukan calon presiden. Pasal ini menyebutkan pasangan calon diajukan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen suara sah nasional pemilu legislatif.

Suddin mengatakan, jika aturan itu diubah, sangat memungkinkan banyak calon presiden dan calon wakil presiden yang maju dalam pemilu 2014. "Banyak calon malah lebih baik, itu memberi banyak pilihan ke masyarakat," ujar dia.

Copyright © 2012 Partai Hanura - All Rights Reserved